PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF SECARA ONLINE BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

Authors

  • Dwirana Mei Aftitak Pranidia Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Muhammad Anasrulloh Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.659

Keywords:

Kontrol Diri, Literasi Ekonomi, Perilaku Pembelian Impulsif

Abstract

Literasi ekonomi dan kontrol diri menjadi faktor penting dalam mengendalikan perilaku pembelian impulsif. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi adalah Mahasiswa Ekonomi semester 2 & 4, jumlah sampel 66 mahasiswa diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data memakai kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji t menunjukkan secara parsial literasi ekonomi memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif dengan nilai 2,622>1,668, secara parsial kontrol diri tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif dengan nilai 0,326<1,668. Hasil uji F menunjukkan hasil literasi ekonomi dan kontrol diri memberikan pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif dengan nilai 9,806>3,143. Variabel literasi ekonomi dan kontrol diri memberikan sumbangan efektif terhadap variabel pembelian impulsif sebesar 21,3%, sisanya sebesar 78,7% dipengaruhi variabel lain dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianti, R., & Megasari, R. (2021). Pengaruh intensitas informasi teman sebaya , literasi ekonomi , dan kontrol diri terhadap pembelian impulsif pada genbi Universitas Negeri Malang periode 2020-2021. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Pendidikan, 1(8), 763–775. https://doi.org/10.17977/um066v1i82021p763-775

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Atunnisa’, M. (2022). PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN KONTROL DIRI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DI MARKETPLACE PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN IPS UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(3), 178.

Dewanti, I., & Haryono, A. (2021). Pengaruh persepsi harga, kontrol diri, dan literasi ekonomi terhadap perilaku pembelian impulsif produk baju pada mahasiswa S1 pendidikan ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2017. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(8), 718–734. https://doi.org/10.17977/um066v1i82021p718-734

Ferdian, P. N., Ellyawati, N., & Riyadi, R. (2022). Literasi Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 40–45. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1188

Gautama, I. P. G. A., & Dkk. (2019). PENGARUH PROMOSI DIGITAL, STORE ATMOSPHERE DAN MOTIVASI HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA WICKED VAPOR BALI. 44(12), 2–8.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gumanti, Sari, & Putri. (2017). No Title. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 1(1).

Kronke, K., Buhringer, G., Wolff, M., A, Y. S., A, A. K., & Smolka, M. N. (2020). Neuropsikologi kontrol diri kehidupan nyata. 149 (September).

Liang, Y.-P. (2012). The Relationship between Consumer Product Involvement, Product Knowledge and Impulsive Buying Behavior. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 57(03), 325–330. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.1193

Pradipto, Y. D., Winata, C., Murti, K., & Azizah, A. (2016). Think Again Before You Buy: The Relationship between Self-regulation and Impulsive Buying Behaviors among Jakarta Young Adults. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 222, 177–185. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.209

Rini, Y. P., & Anasrulloh, M. (2022). Pengaruh Impulse Buying Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Merek Pond’S Di Golden Swalayan Tulungagung. Jurnal Economina, 1(2), 120–129. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.48

Rosidah, A., & Prakoso, A. F. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(September), 275–287.

Rozaini, N., & Ginting, B. A. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion. Niagawan, 8(1), 1. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i1.12795

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, dan R & D. CV Alfabeta.

Suratno, & dkk. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan Televisi, Literasi Ekonomi, Dan Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Kasus Guru Sma Negeri Kabupaten Musi Banyuasin). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 501–515. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.454

Downloads

Published

2023-07-07

How to Cite

Pranidia, D. M. A., & Anasrulloh, M. (2023). PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF SECARA ONLINE BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. JURNAL ECONOMINA, 2(7), 1625–1638. https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.659