PERAN KEDISIPLINAN KERJA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA PT HARUM MAJU MAPAN KARAWANG

Authors

  • Kris Monica Silitonga Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Syifa Pramudita Faddila Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.653

Keywords:

Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan, Pencapaian Perusahaan

Abstract

Disiplin kerja merupakan faktor yang dituntut oleh suatu organisasi maupun perusahaan karena sangat mempengaruhi kinerja karyawan dan juga pencapaian tujuan perusahaan tersebut. Adanya tindakan kedisiplinan pada perusahaan akan menjadi kekuatan positif untuk bagi karyawan maupun perusahaan tersebut. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran kedisiplinan kerja karyawan di PT Harum Maju Mapan Karawang dan manfaat penelitian ini dapat menjadi bahan masukan dalam membuat kebijakan kedisiplinan kerja untuk meningkatkan kinerja karyawan di PT Harum Maju Mapan Karawang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah protokol kualitatif dan wawancara. Hasil penelitian ini antara lain (1) Kedisiplinan di PT Harum Maju Mapan Karawang sudah terlaksana dengan baik (2) Adanya sistem penghargaan dan hukuman yang adil terhadap kedisiplinan kerja (3) Adanya keterkaitan yang signifikan anatara kedisiplinan kerja dan kinerja karyawan. Sehingga pada penlitian ini dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja memiliki peran yang signifikan untuk meningkatkan kinerja karyawan PT Harum Maju Mapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, M. S., & Ariefiantoro, T. (2019). Analisis Disiplin Kerja Pada Sales Promotion Girls (SPG) dan Sales Promotion Boy (SPB) di MDS Paragon Semarang. Majalah Ilmiah Solusi.

Anjarani, A. D., Mulyapradana, A., Dwirainaningsih, Y., & Lestari, F. (2022). Analisis Faktor Ketahanan Kerja dan Kedisiplinan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Transformasi: Journal of Economics and Business Management Vol. 1.

Cahaya, N., & Rahma, T. I. (2021). Peran Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Evander, W., Yuliana, Arwin, Nugroho, N., & Weny. (2022). Analisis Kedisiplinan Kerja di Perusahaan PT. Peta Rumah Medan.

Malayu SP. Hasibuan, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2011. Manajemen Sumberdaya Manusia Perusahaan Cetakan ke-8.: Rosda Bandung.

Muis, M. R., & Hasibuan, J. S. (2021). Peranan Kinerja Pegawai: Disiplin Kerja dan Kepemimpinan. Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humanoria.

Mulyani, S., & Noor, M. (2019). Peranan Disiplin Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Bagian Lapangan UPTD Terminal KM 6 Banjarmasin Pada Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi Bisnis.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (MIXED METHOD). Alfabeta, Bandung.

Oley, M. F., Nelwan, O. S., & Dotulong, L. O. (2022). PERAN DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA DALAM MENDORONG KINERJA KARYAWAN PT. EMPUNG JAYA ABADI. JURNAL EMBA VOL.10.

Ulfah, N. A. (2022). Analisis Disiplin Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Glow Supermarket Banjarmasin. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi Bisnis.

Veithzal Rivai, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek, Rajagrafindo persada, Bandung.

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Silitonga, K. M., & Faddila, S. P. (2023). PERAN KEDISIPLINAN KERJA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA PT HARUM MAJU MAPAN KARAWANG. JURNAL ECONOMINA, 2(7), 1584–1594. https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.653