LITERATURE REVIEW: PENGARUH INTEGRITAS, PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN

Authors

  • Yuniar Rahmawati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Cris Kuntadi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rachmat Pramukty Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.638

Keywords:

Good Corporate Governance, Integritas, Pencegahan Kecurangan, Profesionalisme Auditor Internal

Abstract

Opini audit adalah suatu pernyataan seorang profesional auditor mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan. Opini audit yang diberikan tidak terlepas dari potensi adanya kecurangan. Kecurangan akan selalu terjadi, ketika tidak adanya pencegahan dan pendeteksian sebelumnya. Pencegahan kecurangan perlu diperhatikan untuk mencegah atau paling tidak untuk mengendalikan timbulnya kecurangan yang kemungkinan terjadi. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi auditor untuk lebih teliti terhadap penyajian laporan keuangan. Oleh karena itu, diperlukan adanya sikap profesionalisme auditor serta integritas yang tinggi untuk melakukan pecegahan kecurangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji serta menganalisis Pengaruh Integritas, Profesionalisme Auditor Internal, dan Good Corporate Governance Terhadap Pencegahan Kecurangan. Dalam penulisan artikel literature review ini menggunakan metode Library Research, dimana data – data yang digunakan bersumber dari media online seperti Google Scholar, dan media online akademik lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan Integritas, Profesionalisme Auditor Internal, dan Good Corporate Governance berpengaruh terhadap Pencegahan Kecurangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kurniawan, Pratomo Cahyo & Izzaty, Khairina Nur. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance Dan PengendalianInternal Terhadap Pencegahan Fraud. Journal of Economics and Banking, 1(1).

Cris Kuntadi, B. A. (2022, Mei). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENCEGAHAN KECURANGAN: SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, KESESUAIAN KOMPENSASI. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, Volume 3, Issue 5, 531-533. doi: https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i5

Cris Kuntadi, (2015). SIKENCUR (Menata Birokrasi Bebas Korupsi). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Cris Kuntadi, (2019). Audit Internal Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat. Retrieved from http://www.penerbitsalemba.com

Njatriani, R., Rahmanda, B., & Saputra, R. D. (2019). Hubungan Hukum dan Penerapan Prinsip Good Corporate Governance dalam Perusahaan. Jurnal Gema Keadilan, 6(3), 242-267.

Jannah, Sitti Fitratul. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Pencegahan Fraud Di Bank Perkreditan Rakyat (Studi Pada Bank Perkreditan Rakyat Di Surabaya). AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 7(2), 200–213..

Ramadhaniyati, Y & Nur Hayati. (2014). Pengaruh Profesionalisme, Motivasi, Integritas, dan Independensi Satuan Pengawasan Internal Dalam Mencegah Kecurangan (Fraud) Di Lingkungan Perguruan Tinggi Negeri. Journal Of Auditing, Finance, And Forensic Accounting, 2(2).

Dewi dkk. (2017). Pengaruhl Moralitas, Integritas, Komitmen Organisasi, Dan Pengendalian Internal Kas Terhadapl Pencegahan Kecurangan (Fraud). Dalam Pelaksanaan Program Subsidi Beras Bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah. E-journal S1.Ak Universitas pendidikan ganesha jurusan Akuntansi program S1 (Vol: 2 Tahunl 2017). 3.

Wulandari, Dewi Novita & Nuryanto, Muhammad. (2018). Pengaruh Pengendalian Internal, Kesadaran Anti-Fraud, Integritas, Independensi, Dan Profesionalisme Terhadap Pencegahan Kecurangan. JRAMB, 4(2).

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Rahmawati, Y., Kuntadi, C., & Pramukty, R. (2023). LITERATURE REVIEW: PENGARUH INTEGRITAS, PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN. JURNAL ECONOMINA, 2(6), 1475–1486. https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.638