DISIPLIN KINERJA GURU DI SMAIT INSAN HARAPAN

Authors

  • Muhamad Fakhri Abdul Aziz Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Syifa Pramuditia Fadhila Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.629

Keywords:

Penerapan Disiplin Kerja Guru, Tanggung Jawab, Tugas Utama Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penerapan disiplin kerja guru di SMAIT INSAN HARAPAN Kabupaten Karawang. Jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitiaan ini menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, ruksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, adapun keabsahan data dalam penelitian ini yaitu tehnik tringgulasi, pengecekan kebenaran informasi serta akan mendiskusikan dan menyeminarkan dengan teman sejawad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan disiplin kerja guru di SMAIT INSAN HARAPAN yakni: 1) ketepatan waktu datang di sekolah, 2) ketepatan jam pulang kerumah, 3) kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku, 4) penggunaan seragam kerja yang telah ditentukan, 5) tanggung jawab dalam mengerjakan tugas, dan 6) melaksanakan tugas-tugas kerja sampai selesai setiap harinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S. B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Pratama, Maizar. 2014. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Balai Wilayah Sungai Sumatra V. Padang: Jurnal UNITAS

Alben Ambarita. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Graha Ilmu. Yogyakarta

Afifuddin, Beni Ahmad Saebani. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Ariesto Hadi Sutopo & Adrianus Arief. (2010). Terampil Mengolah Data Kualitatif Dengan NVIVO. Jakarta: Prenada Media Group

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara Muqowin, “Strategi Pembelajaran”, http://muqowin.com

Anoraga, P. 2013. Manajemen Bisnis. Rineka Cipta. Jakarta.

Davis, Keith dan Newtroms, John W. 2010. Perilaku dalam Organisasi Edisi 8 Jilid 2. Terjemahan oleh Agus Dharma. Erlangga. Jakarta.

Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru

Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Depdiknas. 2012. Pedoman Perhitungan Beban Kerja Guru. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Gay, L.R. & Diehl, P.L. 1996. Research Methods for Business and Management. New York: MacMillan.

Jurnal

https://jurnal.untan.ac.id/

https://siat.ung.ac.id/files/wisuda/2014-1-1-61201-931410112-bab1-08082014060557.pdf

http://etheses.iainkediri.ac.id/

https://repository.uinbanten.ac.id/

http://eprints.unm.ac.id/4425/1/jumriah.pdf

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Aziz, M. F. A., & Fadhila, S. P. (2023). DISIPLIN KINERJA GURU DI SMAIT INSAN HARAPAN. JURNAL ECONOMINA, 2(7), 1574–1583. https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.629