ANALISIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP PEGAWAI POJOK KAFE & RESTO

Authors

  • Siti Santi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Puji Isyanto Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.628

Keywords:

Evaluasi, Penilaian Kinerja, Pojok Kafe

Abstract

Sistem penilaian kinerja pegawai merupakan sistem yang digunakan oleh manajemen untuk melakukan evaluasi atas seluruh sumber daya perusahaan, apakah sumber daya perusahaan tersebut telah berjalan sesuai dengan standar-standar yang ditetapkan oleh suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Dengan adanya penilaian kinerja pegawai, diharapkan sasaran-sasaran yang belum berjalan dengan baik dapat dilakukan evaluasi dan tindak lanjut, sehingga sasaran - sasaran tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya demi kemajuan perusahaan. Penilaian kinerja juga berguna untuk menilai dan mengevaluasi produktivitas kerja dari seluruh sumber daya perusahaan apakah mengalami peningkatan atau penurunan. Serta kemajuan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa yang sangat dipengaruhi oleh kinerja karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk Penilaian Kinerja Terhadap Pegawai Pojok Kafe & Resto. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumen. Hasil dari penelitian menunjukkan sistem penilaian kinerja karyawan yang selama ini dijalankan masih bersifat informal. Penulis mengusulkan sistem penilaian kinerja karyawan dengan menggunakan metode rating scale untuk menilai aspek-aspek perilaku seperti, aspek kualitas kerja, kuantitas kerja, ketepatan waktu, efektifitas kerja, kebutuhan manajemen operasional, dampak hubungan individu dan kejujuran dalam bekerja. Penilaian dilakukan oleh atasan langsung dengan frekuensi tiga bulan sekali. Untuk terlaksananya sistem penilaian kinerja karyawan yang baru ini, perlu dilakukan sosialisasi terlebih dahulu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainnisya, R. N., & Susilowati, I. H. (2018). Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada Hotel Cipta Mampang Jakarta Selatan. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, II(1), 133–140.

Cascio, W.F. (2012). Managing Human Resources (9th ed.). New York: McGraw-Hill International Edition Inc.

Erwin, & Prabowo, H. (2015). Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada PT. Bahtera Utama. Binus Business Review, 6

Hariandja, M.T.E. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.

Januari, I. I., Utami, H. N., & Ruhana, I. (2015). Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Prestasi Kerja (Studi pada Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Wilayah Malang). Administrasi Bisnis (JAB), 24(2), 1–8.

Moleong, L.J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif (rev. ed) (cet. 31). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sari, E. P., Setiawan, S., & Adilah, A. R. (2017). Analisis Penilaian Kinerja Organisasi Perangkat Daerah Di Kota Bandung ( Studi Kasus Pada Dinas Pemakaman & Pertamanan ; Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil dan Dinas Pemuda dan Olahraga) Endah Purnama Sari Santy Setiawan Alif Rifky Adilah Pendahuluan, 9(2), 146–157.

Sinambela, L. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja (Cetakan 1). Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno, Edy. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

Tangkuman, K., Tewal, B., & Trang, I. (2015). Penilaian Kinerja, Reward, Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Pertamina (Persero) Cabang Pemasaran Suluttenggo, 3(2),

Zainal, Veithzal Rivai. (2015).Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Santi, S., & Isyanto, P. (2023). ANALISIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP PEGAWAI POJOK KAFE & RESTO. JURNAL ECONOMINA, 2(7), 1564–1573. https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.628