PENGARUH PENGALAMAN AUDITOR, INDEPENDENSI, DAN DUKUNGAN MANAJEMEN TERHADAP EFEKTIVITAS AUDIT INTERNAL

Authors

  • Novia Tatyana Salsabila Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Cris Kuntadi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rachmat Pramukty Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.621

Keywords:

Audit Internal, Dukungan Manajemen, Efektivitas, Independensi, Pengalaman Auditor

Abstract

Tantangan profesi auditor internal di Indonesia adalah bagaimana memberikan nilai tambah bagi organisasi terutama dalam memastikan terselenggaranya audit internal yang efektif. Ketika fungsi audit internal dikonfigurasi dengan benar, hal itu dapat memainkan peran penting dalam suatu organisasi dan membangun akuntabilitas pada organisasi tersebut. Penelitian terdahulu berfungsi untuk memperkuat teori serta fenomena hubungan antar variabel. Maka, diperlukan pembahasan mengenai faktor pengaruh efektivitas audit internal melalui pengalaman auditor, independensi, dan dukungan manajemen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memutuskan hipotesis efek antar variabel untuk penelitian seterusnya. Keputusan dari artikel tinjauan pustaka ini adalah: 1) pengalaman auditor berpengaruh terhadap efektivitas audit internal; 2) independensi berpengaruh terhadap efektivtas audit internal; 3) dukungan manajemen berpengaruh terhadap efektivitas audit internal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arles, Leardo., Rita Anugrah dan Andreas. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Audit Internal: Peran Penting Dukungan Manajemen. Jurnal Akuntansi. Vol.5 No.2. pp. 125-133.

Asosiasi Audit Intern Pemerintah Indonesia. (2013). Standar audit intern pemerintah Indonesia. Jakarta: AAIPI.

Hamzah, Faid. 2018. Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Moral Reasoning Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Pada Kantor Inspektorat Daerah Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Nominal. Vol.7 No.1. pp. 82–95.

Kuntadi, Cris. 2019. Audit Internal Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Manadri, Budi. 2016. Pengaruh Integritas, Objektivitas, dan Kompetensi auditor internal terhadap efektivitas audit internal pada Perusahaan Tambang Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tesis Program Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, Jakarta.

Prihartono, dkk. 2018. Pengaruh Integritas, Objektivitas dan Kompetensi Auditor Internal Terhadap Efektivitas Aduit Internal dengan Gaya kepemimpinan Demokrasi Sebagai Variabel

Moderasi Pada Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti 5(1), 63-88.

Rahadhitya, R., & Darsono. 2015. FaktorFaktor yang Berpengaruh terhadap Efektivitas Audit Internal. Diponegoro Journal of Accounting, Vol. 4; no. 4, 1-12.

Rahadhitya, Reza dan Darsono. 2015. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Efektivitas Audit Internal (Studi Pada Inspektorat Provinsi Jawa Tengah), Diponegoro Journal of Accounting, Vol.4 No.4. pp. 349 – 360

Santoso, B. W., & Suryanto, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Efektivitas Audit Internal. Universitas Muhammadiyah Semarang

Setyaningrum Kuntadi, Dyah. (2019). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Pekerjaan Audit dan Komunikasi terhadap Efektivitas Audit Internal, Cris Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura Vol 22, No 1 (2019).

Syakir, A. Muh. Syahdilarama Wisudawan (2021) PENGARUH RUANG LINGKUP AUDIT, PENGALAMAN, KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS AUDIT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

Widhi, S.N., 2014. Pengaruh Independensi, Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi dan Pemahaman Good Governance Terhadap Kinerja Auditor Pemerintah Studi Empiris pada BPKP Perwakilan Jawa Tengah, Surakarta, Skripsi S1 Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah. Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Salsabila, N. T., Kuntadi, C., & Pramukty, R. (2023). PENGARUH PENGALAMAN AUDITOR, INDEPENDENSI, DAN DUKUNGAN MANAJEMEN TERHADAP EFEKTIVITAS AUDIT INTERNAL. JURNAL ECONOMINA, 2(6), 1438–1450. https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.621