ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA PADA PT PUPUK KUJANG CIKAMPEK

Authors

  • Diana Luthfiyyah Salsabila Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Uus Mohammad Darul Fadli Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.598

Keywords:

Evaluasi, Pelatihan, Pengembangan Sumber Daya Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program pelatihan pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh PT Pupuk Kujang Cikampek. Program pelatihan yang efektif dan terarah menjadi faktor penting dalam meningkatkan kemampuan karyawan dan mendukung keberhasilan perusahaan di era persaingan yang semakin ketat. Dalam konteks PT Pupuk Kujang Cikampek, perusahaan berkomitmen untuk mengembangkan sumber daya manusia melalui program pelatihan yang berkelanjutan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi langsung, dan studi dokumen terkait program pelatihan yang telah dilaksanakan. Peserta penelitian meliputi manajemen perusahaan, staf pelatihan, dan karyawan yang telah mengikuti program pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Pupuk Kujang Cikampek telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan sumber daya manusia melalui berbagai program pelatihan. Programprogram ini meliputi pelatihan teknis, pelatihan manajemen, pelatihan kepemimpinan, dan pengembangan keterampilan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Namun, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan program pelatihan. Kurangnya evaluasi yang terencana dan terukur menjadi salah satu kelemahan yang ditemukan. Evaluasi yang tepat dapat membantu perusahaan dalam memahami sejauh mana program pelatihan mencapai tujuannya dan memperbaiki kelemahan yang ada. Ada kebutuhan untuk memastikan bahwa karyawan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam situasi kerja. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas program pelatihan pengembangan sumber daya manusia di PT Pupuk Kujang Cikampek serta memberikan wawasan bagi perusahaan lain yang tertarik untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia mereka. Dengan demikian, perusahaan dapat mengoptimalkan potensi karyawan dan mencapai keunggulan kompetitif dalam industri yang semakin kompetitif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliana. (2021). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Kompetensi., 804-812.

Gozah. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Organisasi Di PT Pertamina Lubricant Jakarta.

Hilman. (2 022). Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Nugroho. (2019). Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Purnama, M. (2020). Pengaruh Sistem Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Arta Sedana Singaraja., 101-110.

Retnilasari, E. (2019). Pengaruh Program Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Kemampuan dan Kinerja Karyawan PT. Bank Syariah Mandiri., 49-61.

Sodik, A. Y. (2019). Analisis Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawang Pada PT Bank BNI Cabang Utama Kendari.

Solong, A. (2020). Sleman: Deepublish Publisher.

Sugandha. (2019). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT Jembo Energindo., 65-75.

Downloads

Published

2023-06-18

How to Cite

Salsabila, D. L., & Fadli, U. M. D. (2023). ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA PADA PT PUPUK KUJANG CIKAMPEK. JURNAL ECONOMINA, 2(6), 1281–1294. https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.598