ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TIPTOP LAUNDRY PONTIANAK

Authors

  • Irpan Andi Pranoto Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Yuni Firayanti Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Ahmadi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.582

Keywords:

Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, Usaha Laundry

Abstract

Usaha laundry kiloan ini tiap saat semakin tumbuh dan melejit di berbagai lokasi mulai dari tempat terpencil sampai tempat keramaian. Hal tersebut seperti yang terjadi para ibu rumah tangga, mahasiswa, pegawai negeri maupun karyawan swasta, biasanya mereka akan menyerahkannya pada jasa laundry kiloan dan mereka rela mengeluarkan uang untuk menggunakan jasa laundry kiloan asal semua pekerjaan mencuci pakaian dan menyetrika terselesaikan dengan baik serta hasil yang memuaskan dengan tujuan utama adalah kepuasan konsumen, bagaimana cara konsumen mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan harapannya. Dengan adanya pelayanan yang baik tentunya akan meningkatkan kepuasan yang diterima dari jasa yang telah terjual atau diberikan. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Sederhana, dengan sampel jumlah responden 200 konsumen. Sedangkan data yang digunakan dalam penelitian berupa pengisian kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dengan indikator indikator daya tanggap, jaminan, bukti fisik, empati dan kehandalan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen, Hasil ini berdasarkan dari pengujian dimana hasil tersebut memperoleh nilai  thitung lebih besar dari ttabel (13,510 > 1,972) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya H1 diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar Evan, Dkk. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bemotor pada Samsat Drive Thru Mataram UPTD Pelayanan pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PPDRD) Mataram, Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram.

Atiyah, Latif Abdulridha. (2017) “ Impact of service quality on customer satisfaction”. Australian Journal of Basic and Applied Sciences. University of Craiova.

Atep, Adya Barata. (2011). Dasar – dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Aulia Nur Rahmawati, L. S. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sosial Ekonomi dan Politik

Cahyati, Riski Dwi. (2017) “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Loyalitas Terhadap Kepuasan Laundry Qe2”. Universitas Muhammadiyah Jember

Danang, Sunyoto. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Caps: Yogyakarta.

Dwi Cahyati, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Loyalitas terhadap Kepuasan Laundry Qe2 (Studi Kasus pada Pelanggan Laundry Qe2 Jember). Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

Gage, Susan M. (2006). Strategi Pelayanan Pelanggan. Yogyakarta: Agro

Gaspersz, V. (2003). Total Quality Management. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Joseph F. , Black, Jr, William C. Babin, Barry J. & Anderson, R. E. (2014). Pearson - Multivariate Data Analysis, 7/E - Joseph F. Hair, Jr, William C. Black, Barry J. Babin & Rolph E. Anderson. Pearson New International Edition, 816.

Harun, Rasyid Al. (2017). “Pengaruh Kualitas Layanan dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Go-jek”. Jakarta: AMIK BSI. Jurnal Ecodemica, Vol.1 No.2

Irawan, Handi. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Elex media Komputindo. Jakarta.

Irwan, Gani dan Siti, Amalia. (2015) Alat analisis data aplikasi statistik untuk penelitian bidang ekonomi & sosial. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Ismail, Taupik dan Yusuf, Ramayani. (2021) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kantor Indihome Gegerkalong di Kota Bandung”. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

Januar, Panjaitan Efendi dan Ai , Yuliati Lili. (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. Jurnal Manajemen Vol. 11 No. 2.

Kotler dan Amstrong. (2001). Prinsip – prinsip Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Damos Sihombing dan Wisnu Chandra Kristiaji. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip, A.B, Susanto. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid 1, dialih bahasakan oleh Benjamin Molan, Jakarta: PT Indeks.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Pranoto, I. A., Firayanti, Y., & Ahmadi, A. (2023). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TIPTOP LAUNDRY PONTIANAK. JURNAL ECONOMINA, 2(6), 1218–1232. https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.582