PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. POS INDONESIA (Persero) KECAMATAN LUNANG

Authors

  • Andri Azis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP
  • Khairil Aswan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.581

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di PT. Pos Indonesia (PERSERO) Lunang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan melibatkan seluruh pelanggan yang melakukan transaksi di PT. Pos Indonesia (PERSERO) Lunang, dengan jumlah partisipan sebanyak 100 orang yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Kuesioner dengan skala likert digunakan sebagai alat pengumpulan data. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS versi 25. Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan di PT. Pos Indonesia (Persero) Kecamatan Lunang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afnina, A. and Hastuti, Y. (2018) ‘Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan’, Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 9(1), pp. 21–30. doi:10.33059/jseb.v9i1.458.

Afrizawati (2012) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Arista Palembang’, Jurnal Orasi Bisnis, VII(November), pp. 27–36.

Atmaja, K. V. W., Sujana, I. N., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Pos Cabang Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 12. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20039.

Anggraeni, D., Kumadji, S. and Sunarti, S. (2016) ‘Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan)’, Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), pp. 171–177.

Danang Sunyoto. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Hartinah, E. et al. (no date) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt.Pos Indonesia (Persero) Medan’, Ekonomi dan Bisnis [Preprint].

Hidayat, R. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurusan Teknik Industri, Universitas Trunojoyo Madura Kampus Unijoyo Jl. Raya Telang, Po Box 2 Kamal Email: Hidayat_Trunojoyo@Yahoo.Co.Id, 11(1), 59–72. https://doi.org/10.9744/jmk.11.1.pp. 59-72.

Indahsari, D. M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan (pertama). Unitomo Press, Surabaya, pp 61-62.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kotler Philip dan Kevin L. Keller. (2016). Marketing Management. Edisi ke 15. Penerbit Pearson Education Limited 2016.

Lovenia. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Christiana Okky Augusta Lovenia, (desember), 60.

Nasution (2017) ‘Landasan Teori Kepuasan Konsumen’, (1995), pp. 13–30.

Pangestu, B.D. (2018) ‘Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan (Pada Pengiriman Pos Express PT Pos Indonesia di Kota Magelang 56100)’, pp. 22–26.

Rofiah, A., Militina, T. and Suyatin (2016) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Sangatta’, Ekonomia, 5(1), pp. 156–166. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/30607-ID-pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-pelanggan-pada-pt-pos-indonesia-pe.pdf.

Respati. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah, 41(1).

Setiawan, H., Minarsih, M. M., & Fathoni, A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Journal Of Management, 2(2), 1–17.

Sulistyawati, N. M. A., & Seminari, N. K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(8), 2318–2332. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/.../9991.

Sunarti, D. A. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 1–7.

Suratno, Fathoni, A., & Haryono, A. T. (2016). Pengaruh Citra Perusaahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Pelabuhan Indonesia III Semarang. Journal Of Management, 2(2), 8.

Taupik Ismail (2021) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 5(1), pp. 1124–1135.

Titissari 2017) ' Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Pos Indonesia (Persero) Kediri. Universitas Negeri Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2012, Pemasaran Jasa, Bayumedia: Malang.

Utami A. (2015). Kualitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan ( Pengguna Apple Iphone Di Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro Semarang ). 5, 1–9. Http://Ejournal- S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Management%0Ahttps://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Djom/Article/View/14186

Zuraidah, E. (2021) ‘Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan PT Pos Indonesia Cabang Belitang Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Servqual’, PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 8(2), pp. 15–22. doi:10.30656/prosisko.v8i2.3702.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Azis, A., & Aswan, K. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. POS INDONESIA (Persero) KECAMATAN LUNANG. JURNAL ECONOMINA, 2(6), 1203–1217. https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.581