PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PRODUCT VARIATIONS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA AYU CITRA STORE JOMBANG

Authors

  • Betty Rahayu Universitas Darul ‘Ulum Jombang
  • Ach. Muzajjad Universitas Darul ‘Ulum Jombang
  • A’isyatin Mahsunah Universitas Darul ‘Ulum Jombang
  • Aslichah Universitas Darul ‘Ulum Jombang

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i1.41

Keywords:

Store Atmosphere, Product Variations, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh secara parsial maupun simultan Store Atmosphere (Suasana Toko) sebagai X1 dan Product Variations (Keragaman Produk) sebagai X2 terhadap Kepuasan Konsumen (Y), serta mengetahui variabel independen manakah yang paling dominan berpengaruh.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu incidental sampling dengan sampel sebanyak 100 orang konsumen Ayu Citra Store Jombang. Peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif, uji kualitas data (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas), serta uji hipotesis (uji regresi linier berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), dan uji koefisien determinasi (R2)).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Store Atmosphere dan Product Variations berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap variabel Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikansi parsial sebesar 0,004 dan 0,001, sedangkan nilai signifikansi simultan sebesar 0,000. Product Variations memiliki pengaruh paling dominan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikansi sebesar 0,001.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atkearney. 2022. Global Management Consulting Firm. (https://www.kearney.com). (07.16, 15 April 2022).

Berman, B. R., Evans, J. R., & Chatterjee, P. M. 2017. Retail Management: A Strategic Approach. Pearson.

Harun, H. I. 2018. Hubungan Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen pada Mahasisiwa Pengguna Game Pointblank. Empaty Jurnal Fakultas Psikologi. Vol. 2. No. 1. Hal. 16-29.

Kotler, Phillip & Kevin Keller. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT Indeks.

Priyatno, Dwi. 2018. SPSS Panduan olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Utami, Christina W. 2017. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Rahayu, B., Muzajjad, A., Mahsunah, A., & Aslichah, A. (2022). PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PRODUCT VARIATIONS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA AYU CITRA STORE JOMBANG. JURNAL ECONOMINA, 1(1), 74–83. https://doi.org/10.55681/economina.v1i1.41