PENGARUH EFFECTIVE TAX RATE, MEKANISME BONUS, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017- 2021)

Authors

  • Andika Dwi Hertanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Amor Marundha Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Idel Eprianto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Cris Kuntadi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.328

Keywords:

Effective Tax Rate, Mekanisme Bonus, Transfer Pricing, Tunneling Incentive

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Effective Tax Rate, Mekanisme Bonus, dan Tunneling Incentive terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris pada perusahaan Manufaktur yang terdafar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 – 2021). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang diperoleh melalui website resmi www.idx.co.id. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Puposive Sampling sehingga diperoleh 11 perusahaan dari 193 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan jumah observasi sebanyak 55 sampel data. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan bantuan Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Effective Tax Rate berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Transfer Pricing, Mekanisme Bonus berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Transfer Pricing, dan Tunneling Incentive berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Transfer Pricing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, R, C., Istianingsih. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) dan Kinerja Keuangan Perusahaan Terhadap Cumulative Abnormal Return (Car) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2010-2011). Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol. 11, No.2.

Chalimatussa’diyah, N. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015- 2018. 69–72.

Eprianto, I., Feni, D., Hadita. (2022). Efek Dividen Policy terhadap Firm Value (Studi Empiris pada Bank Publik di Indonesia). Vol. 10 No (02).

Handayani, D., & Arfan, T. (2014). Pengaruh Transaksi Perusahaan Afiliasi Terhadap Tarif Pajak Efektif. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 7, 11–19.

Hartati, W., Desmiyawati, & Azlina, N. (2014). Analisis Pengaruh Pajak Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer pricing.

Hargiyanti D, Herianti E, Marundha A. (2022). Determinant Taxpayers’ Compliance among Micro, Small, and Medium Scale Enterprises in Jakarta, Indonesia. https://journals.researchsynergypress.com/index.php/jgrcs/index Journal of Governance Risk Management Compliance and Sustainability (JGRCS) Volume 2Number 1 (2022): 10-24.

Ikhsan, A., & Suprasto, H. B. (2008). Teori Akuntansi dan Riset Multiparadigma.

Irpan. (2010). Analisis Pengaruh Skema Bonus Direksi, jenis Usaha, ProfitabilitasPerusahaan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Earning Management: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur dan Keuangan yang Listing Di BEI Paada Tahun 2008– 2010.

Jama’an. (2008). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Dan Kualitas Kantor Akuntan Publik Terhadap Integritas Informasi Laporan Keuangan (Studi Kasus Perusahaan Publik yang Listing di BEJ). Universitas Diponegoro Semarang.

Johnson, S., Porta, L. R., Lopez-De-Silanes, F., & Shleifer, A. (2000). Tunneling.

Kuntadi, C., Arista, D. (2022). Pengaruh Karakter Pengetahuan Dan Pemahaman Terhadap Kecurangan Dalam Laporan Keuangan. Journal of Comprehensive Science Vol. 1 No. 4.

Lubis, Bukit, & Sari, L. (2013). Pengaruh Pengeluaran Modal, Penelitian Dan Pengembangan, Transaksi Pihak Hubungan Istimewa Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi, 6(1), 1–13.

Marfuah, M., & Azizah, A. P. N. (2014). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive Dan Exchange Rate Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 18(2), 156–165. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/jaai.vol18.iss2.art6

Mispiyanti. (2015). Pengaruh pajak dan mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing. Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing. 16(1), 62–73.

Noviastika, F. D., Mayowan, Y., & Karjo, S. (2016). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Studi Pada Bursa Efek Indonesia yang Berkaitan Dengan Perusahaan Asing). Jurnal Perpajakan (JEJAK), 8(1).

Online Pajak. (2018). UU No 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan. Online Pajak.

Pramana, A. H. (2014). Pengaruh Pajak, Bonus Plan, Tunneling Incentive dan Debt Covenant Terhadap Keputusan Perusahaan untuk Melakukan Transfer Pricing.

Primadhyta, S. (2017). Transfer Pricing Sunat Pajak, Dokumen Perusahaan Diperketat. CNN Indonesia.

Purwanti, L. (2010). Kecakapan Managerial, Skema Bonus, Managemen Laba, dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 8(2).

Purwanto, G. M., & Tumewu, J. (2018). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 16(1), 47–56.

Rachmat, R. A. H. (2019). Pajak, Mekanisme Bonus dan Transfer Pricing. Jurnal Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 21–30.

Refgia, T. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing, Dan Tunneling incentive Terhadap Transfer pricing (Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Listing Di Bei Tahun 2011-2014). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 543–555.

Rosa, R., Andini, R., & Raharjo, K. (2017). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Debt Covenant, dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Transaksi Transfer Pricing (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015).

Saraswati, G. A. R. S., & Sujana, I. K. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling Incentive Pada Indikasi Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19(2), 1000–1029.

Sarifah, D. A., Probowulan, D., & Maharani, A. (2019). Dampak Effective Tax Rate (ETR), Tunneling Incentive (TNC), Indeks Trend Laba Bersih (ITRENDLB) Dan Exchange Rate Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 9(2), 215–228.

Simamora, H. (1999). Akuntansi Manajemen. Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Belajar Press.

Suryatiningsih, Neneng Siregar, S. V. (2009). Pengaruh Skema Bonus Direksi Terhadap Aktivitas Manajemen Laba: Studi Empiris Pada BUMN Periode Tahun 2003- 2006. Jurnal Simposium Nasional Akuntansi 1.

Tampubolon, K., & Al Farizi, Z. (2018). Transfer Pricing & Cara Membuat TP Doc. CV Budi Utama.

Wafiroh, N. L., & Hapsari, N. N. (2016). Pajak, Tunneling incentive Dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer pricing. El Muhasaba: Jurnal Akuntansi, 6(2), 157–168.

Wastam, W.H., Widi, W., & Devi, H. (2019). Pengaruh Pajak dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2017. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen (JIAM) Vol.15, No.1

Wolk, H. I., Tearney, M. G., & Dodd, J. L. (2000). Accounting Theory: A Conceptual and Institutional Approach (5th ed.). South-Western College Publishing.

www.ortax.org. (n.d.). www.ortax.org. Ortax.Org.

Yuniasih, N. W., Rasmini,. N. K., & Wirakusuma, M. G. (2012). Pengaruh Pajak Dan Tunneling Incentive Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi XV.

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Hertanto, A. D., Marundha, A., Eprianto, I., & Kuntadi, C. (2023). PENGARUH EFFECTIVE TAX RATE, MEKANISME BONUS, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017- 2021). JURNAL ECONOMINA, 2(2), 503–522. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.328