PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, RELIGIUSITAS DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA

Authors

  • Rafidah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rabiyatul Alawiyah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Muliyana Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i1.25

Keywords:

Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan suatu perbuatan mengkonsumsi barang atau jasa secara berlebihan diluar batas kebutuhan. Perilaku konsumtif dilarang dalam islam karena perilaku berlebihan tidak disukai Allah SWT sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran. Perilaku konsumtif pada mahasiswa telah menjadi   suatu hal yang lumrah. Mahasiswa cenderung mengikuti trend, dan melakukan pembelian impulsif karna adanya diskon yang mana buka merupakan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, religiusitas dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan media observasi, dokumentasi, dan kuesioner, Hasil peneitian menunjukkan pengaruh literasi keuangan syariah terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dengan nilai t hitung 2,718, dengan nilai signifikansi 0,047 < 0,005. Religiusitas mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa dengan t hitung 2,441 dan nilai signifikansi 0,046 < 0,05. Gaya hidup berpengaruh terhadap perilaku konsumtif dengan nilai t hitung sebesar 2,553 dengan nilai signifikansi 0,035 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur'an dan Terjemahannya. Bandung: CV. Penerbit Jumanatul Ali. 2005.

Ancok, Jamaludin dan Fuad Anshari Suroso. Psikologi Islam: Solusi Islam Atas Problema-Problema Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2001.

Aravik., Havis. Ekonomi Islam. Malang: Empat dua. 2016.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2016.

Devi, Ervina Rosamitha Sandra. Analisis Pengaruh Praktik Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Santri Pondok Pesantren Mahasiswa Baitul Jannah Malang. Malang: UB Press, 2020

Effendi, Sofian dan Tukiran. Metode Penelitian Surveicet-31 Edisi Revisi. Jakarta: Lp3es Anggota Ikapi. 2014.

Firmansyah, M. Anang. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish. 2018.

Ghufron, M.Nur. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media. 2010.

Hurriyati, R. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV. Alfabeta. 2020.

Ismanto, Hadi dan Anna Widiastuti. Perbankan dan Literasi Keuangan. Yogyakarta: Deepublish. 2019.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. Principles Of Marketing, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published. 2012.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc. 2016.

Suryani, Tatik. Prilaku Konsumen di Era Internet, Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2013.

Umar, Husein. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia. 2015.

Umar, Husein. Riset Pemasaran Dan Prilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Umum. 2003.

Usman, Husaini. Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2008.

Yukaristia. Literasi: Solusi Terbaik untuk Mengatasi Problematika Sosial di Indonesia. Jawa Barat: CV Jejak. 2019.

Deviyanti, Sri. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Peserta Didik Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Ekonomi UNM. Volume 1. Nomor 2. 2020.

Indraswari Kusumaningtyas dan Norida Canda Sakti. Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas Xi Ips Di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3). 2017.

Kanserina, Dias, Iyus Akhmad Haris, dan I Made Nuridja. Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2015. Jurnal pendidikan ekonomi Vol 5, No 1. 2015.

Rahmat, Arif., Asyari., dan Hesi Eka Puteri. Pengaruh Hedonisme dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Economic Studies. Volume 4. Nomor 1. 2020.

Downloads

Published

2020-09-05

How to Cite

Rafidah, R., Alawiyah, R., & Muliyana, M. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, RELIGIUSITAS DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA. JURNAL ECONOMINA, 1(1), 49–62. https://doi.org/10.55681/economina.v1i1.25