ANALISIS KINERJA KEUANGAN PT INDOSAT SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Yosephine Alvina Saragi Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.217

Keywords:

Pandemi Covid-19, Current Ratio, Debt to Asset Ratio, Equity Ratio, Laporan Keuangan, Quick Rations

Abstract

Wabah pandemi virus corona (Covid-19) yang terjadi hampir di dalam dunia, termasuk Indonesia, dengan menyebabkan munculnya efek negatif terhadap perekonomian. Meskipun demikian, pandemi juga dapat meningkatkan penggunaan akses komunikasi. Perusahaan yang sedang berjuang di industrinya harus dapat menggunakan situasi yang tidak menguntungkan yang diciptakan oleh pandemi sebagai peluang untuk memperbaiki kondisi kerjanya. PT Indosat Tbk, sebagai satu-satunya organisasi yang fokus pada industri komunikasi, harus mampu meningkatkan arus bisnis ketika terjadi keadaan darurat. Sebelum dan sesudah munculnya virus corona, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas keuangan PT Indosat dan mengukur kinerja keuangannya. Penelitian menggunakan metodologi baku atau trend. Metode analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Kurs mata uang yang digunakan mengkorelasikan tingkat profitabilitas dengan pengembalian aset (ROA) dan pengembalian ekuitas (ROE). Dalam penelitian ini rasio likuiditas dihitung dengan menggunakan current ratio (CR) dan quick ratios (QR), sedangkan rasio solvabilitas dihitung dengan menggunakan debt to equity ratio (DER) dan debt to asset ratio (DAR). Rasio profitabilitas dan rasio likuiditas ditemukan dalam analisis transaksi moneter, dan PT Indosat Ooredo Tbk memiliki kemampuan bisnis yang berada di bawah standar industri dan dalam kategori bernilai rendah. Sebaliknya, Rasio memiliki peringkat solvabilitas, kondisi keuangan yang sehat, dan tenaga kerja yang memenuhi standar industri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelya, B., Nugraha, S. J., & Puspita, V. A. (2021). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Pt Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk Sebelum Dan Setelah Adanya Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 534-551.

Fikriah, S. (2021). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19 Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Ibrahim, I. H., Maslichah, M., & Sudaryanti, D. (2021). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sub Sektor Rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 10(09).

Jati, A. W., & Jannah, W. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum Pandemi dan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Akademi Akuntansi, 5(1), 34-46.

Jensen, C., & Meckling, H. (1976). Theory Of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs And Ownership Structure Michael. 3. JENSEN and William H. MECKLING•. Journal of.

Muhammad, R., & Nawawi, M. (2022). Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 854-867.

Nurdiansari, R., Sriwahyuni, A., Apriani, R., & Fadhilah, N. H. K. (2022, February). The Effect of Dividend Policy, Debt Policy, and Asset Growth on Firm Value with Managerial Ownership as Moderating Variables. In International Conference on Economics, Management and Accounting (ICEMAC 2021) (pp. 100-108). Atlantis Press.

Paulina, E., Mareta, F., Jasuni, A. Y., & Meliani, S. (2020). Analisa Laporan Keuangan Guna Mengukur Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Semen Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi dan Keuangan, 2(3), 102-109.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Saragi, Y. A. (2022). ANALISIS KINERJA KEUANGAN PT INDOSAT SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19. JURNAL ECONOMINA, 1(4), 996–1003. https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.217