KAJIAN OPTIMALISASI PENERIMAAN PAJAK TERHADAP PERKEMBANGAN TRANSAKSI E-COMMERCE DI ERA EKONOMI DIGITAL

Authors

  • Muhammad Harun Sukarno Universitas Mercu Buana
  • Lucky Nugroho Universitas Mercu Buana
  • Diah Iskandar Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.208

Keywords:

E-Commerce, PSME, Pajak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa mekanisme aturan pajak dan implementasi aturan pajak Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE). Lebih lanjut, metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk membahas rumusan masalah yang meliputi: (i) Bagaimana mekanisme aturan pajak Perdagangan Melalui Sistem Elektronik? (ii) Bagaimana implementasi aturan pajak Perdagangan Melalui Sistem Elektronik? Adapun hasil dari penelitian ini adalah (i) Mekanisme penerapan aturan pajak PMSE diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2017. Hingga akhirnya kepastian hukum di bidang perdagangan digital dikuatkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE); (ii) Implementasi ditunjukkan dengan langkah pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang mengoptimalkan pemasukan pajak PMSE melalui aplikasi SPT elektronik (e-SPT), lapor pajak online (e-filing), faktur elektronik (e-faktur), pembayaran pajak secara elektronik (e-billing), hingga pengenalan bukti potong elektronik (e-bupot) dan formulir SPT online melalui e-form. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan informasi dan referensi baik kepada praktisi maupun akademisi serta pada stakeholder’s dalam upaya meningkatkan pajak ekonomi digital dalam PMSE. Adapun novelty dari penelitian ini adalah implementasi aturan Pajak Melalui Sistem Elektronik dalam rangka meningkatkan pendapatan dari transaksi e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fakhruzy, A. (2020). PERANAN HUKUM PAJAK DALAM UPAYA MEWUJUDKAN TUJUAN NEGARA. Mizan: Jurnal Ilmu Hukum, 9(2), 84–94.

Fasa, I., Febrianty, M., Khoerulloh, A. K., Arisa, A., Utami, W., Santoso, I. R., Arifudin, O., Suganda, A. D., Nugroho, L., & Haerany, A. (2020). Eksistensi Bisnis Islami Di Era Revolusi Industri 4.0. Widina Bhakti Persada Bandung. www.penerbitwidina.com

Hartanto, C. F. B., Hanum, Z., Idris, I., Sutarmin, Ramaditya, M., Siregar, R. T., Syamsuri, A. R., Nugroho, L., & Arafah, W. (2020). MANAJEMEN. Sihsawit, Labuhan Batu. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=0u4qEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA36&ots=qZtuxA5v_I&sig=VAAjXJb2m2dfAnrKywWusFZ-eUY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Jihad, F. M., Nugroho, L., & Sugiarti, D. (2022). Kajian Pengembangan Bisnis Syariah di Era Digitalisasi. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(3), 1167–1168.

Kiranti, D. E., & Nugroho, L. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pengangguran serta Jabatan Kerja Kritis. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 335–341. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i3.1145

Kusnandar, V. B., & Mutia, A. (2021). Pengguna Internet Indonesia Peringkat ke-3 Terbanyak di Asia. Databoks. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet-indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia

Mpofu, F. Y. (2022). Taxation of the Digital Economy and Direct Digital Service Taxes: Opportunities, Challenges, and Implications for African Countries. Economies, 10(9), 219. https://doi.org/10.3390/economies10090219

Muniarty, P., Bairizki, A., Sudirman, A., Wulandari, Anista, J. S. A., Elistia, Satriawan, D. G., Putro, S. E., Suyatno, A., Setyorini, R., Putra, S., Nugroho, L., Nurfadilah, D., Samidi, S., Arfah, & Fitriana. (2021). Kewirausahaan. In Widina Bhakti Persada Bandung (first). https://repository.penerbitwidina.com/media/343827-kewirausahaan-09bb1a47.pdf

Napitupulu, D., Nugroho, L., Fauzi, A., Permana, S. D. H., Lutfiyana, N., Setyawati, I., Bahri, A. S., Samosir, R. S., Ananto, P. D., Tallo, A. J., & Nisa, B. (2020). Mudah Membuat Skripsi/Tesis (Pertama). CV. Penerbit Qiara Media.

Nasfi, N., Ganika, G., Putro, S. E., Muttaqien, Z., Ayuanti, R. N., Kusumawardani, M. R., Anwar, K., Umiyati, H., Theodora, P., Hendratmoko, S., Wardana, G. K., Rimayanti, R., Nugroho, L., & Mulatsih, L. S. (2022). Dasar Manajemen dan Bisnis (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). In Widina Media Utama (First). Widina Media Utama.

Nugroho, L. (2021). The Role of Information for Consumers in The Digital Era (Indonesia Case ). ACU International Journal of Social Sciences, 7(2), 49–59.

Nugroho, L. (2022). Perkembangan Finansial Teknologi (Fintek di Indonesia). In Mengulas Fintech dalam Islam. Mengulas Fintech dalam Islam. https://febi.iainlhokseumawe.ac.id/mengulas-fintech-dalam-islam/

Nugroho, L., Badawi, A., & Hidayah, N. (2022). How Indonesian Women Micro and Small Entrepreneurs Can Survive in Covid-19 Pandemic ? Amalee: Indonesian Journal of Community Research & Engagement, 3(1), 215–222.

Nugroho, L., & Chowdhury, S. L. K. (2015). Mobile Banking for Empowerment Muslim Women Entrepreneur: Evidence from Asia (Indonesia and Bangladesh). Tazkia Islamic Finance & Business Review, 9(1), 83–100. http://tifbr-tazkia.org/index.php/TIFBR/article/view/79

Nugroho, L., Hidayah, N., Badawi, A., & Ali, A. J. (2019). Socialization of mobile banking and internet banking for mikro and small entrepreneur (gender and business sector perspective- Kemayoran night market community). ICCD, 2(1), 419–426.

Nugroho, L., Wicaksono, B. R., & Utami, W. (2018). Analysis of Taxes Payment, Audit Quality and Firm Size to The Transfer Pricing Policy in Manufacturing Firm in Indonesia Stock Exchange. International Journal of Business Society, 2(8), 83–93. https://doi.org/10.30566/ijo-bs/2018.288

Oktris, L., Tarmidi, D., Nugroho, L., Anasta, L., & Fadjareni, A. (2022). Tips & Trik Cara Praktis Menyusun Skripsi dan Tesis (Pertama). Pustaka Pranala.

Pahlevi, R. (2022). Nilai Transaksi E-Commerce Indonesia Diperkirakan Capai US$137,5 Miliar pada 2025. Databoks. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/18/nilai-transaksi-e-commerce-indonesia-diperkirakan-capai-us1375-miliar-pada-2025

Pangastuti, T., & Kurniawan, H. (2021). Lumayan, Penerimaan Pajak E-Commerce Rp 3,5 Triliun Sampai Awal September. Investor.Id. https://investor.id/business/263309/lumayan-penerimaan-pajak-ecommerce-rp-35-triliun-sampai-awal-september

Prastyaningtyas, E. W. (2019). Dampak Ekonomi Digital Bagi Perekonomian Indonesia. Seminar Nasional Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (SENMEA), IV, 103–108.

Pusparisa, Y., & Fitra, S. (2019). Transaksi E-Commerce Indonesia Terbesar di Asia Tenggara. Databoks. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/nilai-transaksi-digital-perdagangan-elektronik-indonesia-terbesar-di-asia-tenggara

Putri, A. S., & Zakaria, R. (2020). Analisis pemetaan e-commerce terbesar di indonesia berdasarkan model kekuatan ekonomi Digital. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 1(November), 1–14.

Rhenaldy, Nugroho, L., & Sugiarti, D. (2022). Kajian Jasa Endorsement Media Sosial Tiktok Berdasarkan Perspektif Syariah. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(3), 1179–1188.

Richa Kurniawati. (2021). Pengaturan terhadap Pengenaan Pajak pada Transaksi E-Commerce. Www.Pajak.Com. https://www.pajak.com/pwf/pengaturan-terhadap-pengenaan-pajak-pada-transaksi-e-commerce/

Silalahi, E. M., Nugroho, L., & Anasta, L. (2018). Analisa Mekanisme Penghitungan, Pemotongan, Penyetoran Dan Pelaporan Pajak Penghasilan Pasal 21 Pada Pt. Bina Swadaya Konsultan Tahun 2016. TEKUN: Jurnal Telaah Akuntansi Dan Bisnis, 9(1). https://doi.org/10.22441/tekun.v8i1.2600

Siswanto, D., & Hidayat, K. (2022). E-Commerce Lokal Jadi Pemungut Pajak Penting untuk Dilakukan, Ini Sebabnya. Nasional. Kontan.Co.Id. https://nasional.kontan.co.id/news/e-commerce-lokal-jadi-pemungut-pajak-penting-untuk-dilakukan-ini-sebabnya

Sudirman, A. (Acai ), Alaydrus, S. (Syafika), Rosmayati, S. (Siti), Syamsuriansyah, S. (Syamsuriansyah), Nugroho, L. (Lucky), Arifudin, O. (Opan), Hanika, I. M. (Ita), Haerany, A. (Anne), Rusmana, F. D. (Fenny), & Rijal, K. (Khairul). (2020). Perilaku Konsumen Dan Perkembangannya Di Era Digital. Widina Bhakti Persada Bandung. www.penerbitwidina.com

Widodo, Z. D., Umiyati, H., Adriansyah, T. M., Yudawisastra, H. G., Sudirman, A., Sintha, L., Butarbutar, M., Nst, A. M. U., Nugroho, L., Dewi, T. G., Permatasari, R. D., Ismail, R. S., Suryana, A. T., Saputra, T., Aryani, L., & Nahriana, N. (2022). KEWIRAUSAHAAN & MANAJEMEN USAHA KECIL. In N. Rismawati (Ed.), CV WIDINA MEDIA UTAMA. CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Zamzami, A. H., Mahliza, F., Ali, A. J., & Nugroho, L. (2021). Pandemic Covid-19, Revolution Industry 4.0 and Digital Enterpreneur Trending. Journal of Islamic Economics & Social Science, 2(2), 133–140.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Sukarno, M. H., Nugroho, L., & Iskandar, D. (2022). KAJIAN OPTIMALISASI PENERIMAAN PAJAK TERHADAP PERKEMBANGAN TRANSAKSI E-COMMERCE DI ERA EKONOMI DIGITAL . JURNAL ECONOMINA, 1(4), 945–957. https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.208