PENGARUH MEREK, HARGA, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pembelian Smartphone Oppo pada Rindo Cell di Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan)

Authors

  • Doni Marlius Akademi Keuangan dan Perbankan Padang
  • Mutiara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP, Padang

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.169

Keywords:

Merek, Harga dan Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh merek, harga dan word of mouth terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus Pembelian Smarphone Oppo pada Rindo Cell Di Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dimana penelitian ini menggunakan data numeric dan proses penelitian menekankan pada pengukuran hasil yang objektif dengan menggunakan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen  Rindo Cell Di Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah rumus slovin adapun jumlah sampel adalah sebanyak 60 konsumen yang didapat dengan menggunakan rumus slovin. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sedangkan sumber datanya adalah sumber data primer dan sekunder.Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hipotesis di uji dengan menggunakan uji t pada α = 0.05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa merek, harga dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus Pembelian Smarphone Oppo pada Rindo Cell Di Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvionita, V. (2017). Pengaruh Word Of Mouth, Citra Merk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Chatime. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1(6), 1–16.

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. 6(1).

Azrin, A. (2018). Pengaruh Harga dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Vivo di Store Palembang Square. 7(1).

Febriansyah, A. (2017). Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Enterpreneur Academy Indonesia Bandung. Jurnal Riset Akuntansi, 8(2). https://doi.org/10.34010/jra.v8i2.525

Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 1(1), 31–48.

Hamzah, F. F. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Untuk Produk Indiehome Pada PT. Telekomunikasi Indonesia TBK Kota Makassar. Center of Economic Student Journal, 1(1).

Jakson. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 607–618. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2741

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Valuta, 4(1), 71–85.

Kasanti, N., & Wijaya, A. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 04(1), 43–51.

Kotler. (2002). Manajemen Pemasaran. Erlangga. Pengaruh Advertising, Personal, Selling, Sales Promation, Publicity Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian 123-126

Maghfiroh, K. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Word of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Implikasinya Pada Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 2(2), 34–44. https://doi.org/10.24176/bmaj.v2i2.4075

Maharani, N. (2016). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Toko Sepatu Pasar Kota Kembang Bandung). Prosiding Penelitian Sivitas Akademika Unisba (Sosial Dan Humaniora), 1(1), 156–159.

Moniharapon, S., Lapian, J., & Lotulung, S. C. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Wom (Word of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercoss Pada Cv.Tristar Jaya Globalindo Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 817–826. https://doi.org/10.35794/emba.v3i3.9614

Ningrum, N. S. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen MD Clinic by Lazeta. Bisnis Dan Iptek, 9(X), 141–152.

Nurul, E. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Bakso Boedjangan Cabang Burangrang Bandung Tahun 2017). 3(2), 430–452.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di Yogyakarta. JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN : 2252-5483, IV (2), 60–69.

Nurrohman Faris. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Produk Terhadap Keputusan Pembelian 110.

Prasetya Dimas. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Fitur Produk, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android. Skripsi, June, 1–151.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445

Purbohastuti, A. W. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Mahasiswa D3 Marketing. 12(1), 53–75.

Rizan, M., Handayani, K. L., & RP, A. K. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie dan Mie Sedap). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.07

Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(02), 108–122.

Sari, R. D. K. (2012). Persepsi Harga, Dan Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada CV. Mega Jaya Mebel Semarang. Skripsi, 1–64. https://doi.org/10.1259/dmfr/24877187

Sugiyono. (2008). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis (M. s. Sofia Yustiyani Suryandari, S.E. (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.

Tengor, G., Kawet, L., & Loindong, S. (2016). Pengaruh Merek, Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Eben Haezar Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 367–375

Venessa, I., & Arifin, Z. (2015). ( Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013 / 2014 dan 2014 / 2015 Pengguna Kartu Pra-Bayar Simpati ). Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 44–48.

Wulanda, N., Wahab, Z., & Widad, A. (2019). Pengaruh Harga, Word of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Memilih Event Organizer (Studi Kasus Di Un Production). Journal of Management and Business Review, 16(1), 43–70. https://doi.org/10.34149/jmbr.v16i1.139

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Marlius, D., & Mutiara, M. (2022). PENGARUH MEREK, HARGA, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pembelian Smartphone Oppo pada Rindo Cell di Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan). JURNAL ECONOMINA, 1(4), 768–783. https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.169