IMPRESI PENGENDALIAN INTERNAL, PERSEPSI KESESUAIAN KOMPENSASI, DAN KETAATAN PADA ATURAN AKUNTANSI TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI

Authors

  • Bayu Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i1.16

Keywords:

Pengendalian Internal, Persepsi Kesesuaian Kompensasi, Ketaatan pada Aturan Akuntansi, Kecenderungan Kecurangan Akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Pengendalian internal terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi; 2) Persepsi kesesuaian kesesuaian kompensasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi; 3) Ketaatan pada aturan akuntansi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. 4) Pengendalian internal, persepsi kesesuaian kompensasi, dan ketaatan pada aturan akuntansi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kausatif. Jumlah sampel penelitian ini adalah 30 responden. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Statistical Package for The Social Sciences. Hasil penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh negatif dan siginifikan pengendalian internal terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. 2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan persepsi kesesuaian kompensasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. 2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan ketaatan pada aturan akuntansi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. 4) Terdapat pengaruh signifikan pengendalian internal, persepsi kesesuaian kompensasi, dan ketaatan pada aturan akuntansi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ACFE (2016). Report to The Nation on Occupational Fraud and Abuse. Austin, Texas: Association of Certified Fraud Examiners.

Adelin, Vani. 2013. Pengaruh Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi, dan Perilaku Tidak Etis Terhadap Kecenderungan Akuntansi (Studi Empiris Pada BUMN di Kota Padang). Jurnal UNP. Universitas Padang.

Fachrunisa, Aisah. 2015. Pengaruh Keefektifan Pengendalian Internal, Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural, dan Budaya Etis Organisasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Pada SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kabupaten Kampar. Jurnal FEKON. Universitas Riau. Vol. 2. No. 2

Fauwzi. M. Glifandi. 2011. Analisis Pengaruh Keefektifan Pengendalian Internal, Persepsi Kesesuaian Kompensasi, Moralitas Manajemen Terhadap Perilaku Tidak Etis Dan Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Jurnal Undip. Universitas Dipenogoro.

Hasibuan, Malayu. S. P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Dasar. Edisi Revisi. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2001. Standar Akuntansi Keuangan. Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Lpaoran Keuangan. Jakarta: IAI

Karyono. 2013. Forensic Fraud. Yogyakarta: CV. Andi.

Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia Bahasa Pergaulan Internasional. Dikbud No.6. Tahun IV. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Priantara, Diaz. Fraud Auditing & Investigation. Jakarta. 2013.

Rahmawati, Ardiana Peni dan Soetikno Idjang. 2012. Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Moralitas Manajemen Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi Pada Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang). Jurnal Undip. Universitas Dipenogoro.

Subekhi, Akhmad, dan Mohammad Jauhar.2012. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Thoyibatun, Siti. 2012. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Perilaku Tidak Etis dan Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Serta Akibatnya terhadap Kinerja Organisasi. Jurnal Ekonomi dan Keuangan : Universitas Negeri Malang. ISSN 1411-0393 Vol.16 No.2

Tiro, A.A.A. 2014. Pengaruh Pengendalian Internal dan Kompensasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan (Fraud) Pada Pemerintah Kota Palopo. Journal : Universitas Hasanuddin Makasar.

Tuanakotta, Theodorus. M. 2010.Akuntansi Forensik dan Auditor Investigatif. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPFE UI). Edisi ke 2 : Jakarta.

Tuanakotta, Theodorus. M. 2013. Audit Berbasis ISA (International Standards on Auditing. Jakarta : Salemba Empat.

Yuliani, Silvia. 2018. Pengaruh Perilaku Tidak Etis, Pengendalian Internal, dan Budaya Organisasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Jurnal Akuntansi : Universitas Negeri Padang. Vol.6 No.3.

Yulianti, Diah Fitri. (2016). Pengaruh Moralitas Individu, Penegakan Hukum, Keadilan Distribitive, Keadilan Prosedural, Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Dengan Perilaku Tidak Etis Sebagai Variabel Intervening. Journal. Riau. FE Universitas Riau.

Zimbelman, M. F. Albrecht, C. C., Albrecht, W. S., & Albrecht, C. O. 2014. Akuntansi Forensik (Edisi 4). Terj. N. Puspasari, Suhernita & R. Saraswati. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

https://acch.kpk.go.id/id/statistik/tindak-pidana-korupsi/tpk-berdasarkan-instansi

Downloads

Published

2022-09-05

How to Cite

Pratama, B. (2022). IMPRESI PENGENDALIAN INTERNAL, PERSEPSI KESESUAIAN KOMPENSASI, DAN KETAATAN PADA ATURAN AKUNTANSI TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI. JURNAL ECONOMINA, 1(1), 35–48. https://doi.org/10.55681/economina.v1i1.16