LITERATUR REVIEW: PENGARUH AKUNTANSI FORENSIK, AUDIT INVESTIGATIF, DAN INDEPENDENSI TERHADAP PENGUNGKAPAN FRAUD

Authors

  • Dani Pramesti S.W Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Cris Kuntadi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i3.158

Keywords:

Pengungkapan Fraud, Akuntansi Forensik, Akuntansi Investigatif, Independensi

Abstract

Penelitian sebelumnya atau terkait sangat penting dalam penelitian atau makalah akademis. Studi sebelumnya atau terkait membantu memperkuat teori dan fenomena hubungan atau pengaruh antar variabel. Artikel ini memberikan gambaran umum tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan fraud yaitu: akuntansi forensik, audit investigasi, dan independensi, sebuah studi literatur akuntansi. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengembangkan hipotesis tentang pengaruh antar variabel yang akan digunakan dalam penelitian selanjutnya. Hasil dari tinjauan pustaka ini adalah sebagai berikut: 1) akuntansi forensik mempengaruhi pengungkapan fraud; 2) audit investigatif mempengaruhi pengungkapan fraud; 3) independensi mempengaruhi pengungkapan fraud.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, S., Amiruddin, & Pontoh, G. T. (2021). Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Tekanan Waktu Auditor Investigatif terhadap Pengungkapan Fraud. Akrual: Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Kontemporer, 14(2).

Mardani, M., Basri, Y. M., & Rasuli, M. (2020). Pengaruh Komite Audit, Audit Internal, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Kecurangan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei 2018. Jurnal Al-Iqtishad, 16(1), 1-17.

Putri, C. M., & Wahyundaru, S. D. (2020). Penerapan Pengendalian Intern, Audit Investigatif, Pengalaman, Profesionalisme, dan Akuntansi Forensik Yang Berpengaruh Terhadap Pengungkapan Fraud (Studi Kasus Pada Inspektorat Provinsi Jawa Tengah). Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Ekonomi.

Kuntadi, Cris. 2017. SIKENCUR Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Subiyanto, B., Digdowiseiso, K., & Mandasari, N. (2022). Pengaruh Pengalaman Kerja, Skeptisme Profesional, Dan Tipe Kepribadian Terhadap Kemampuan Auditor Dalam Pengungkapan Kecurangan (Fraud). Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(6), 2609-2620.

Pamungkas, W. (2022). Pengaruh Akuntansi Forensik, Audit Investigatif, Independensi, dan Skeptisme Profesional Terhadap Pengungkapan Fraud (Studi Pada BPKP Perwakilan Jawa Tengah). Kompak: Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 15(1), 99-109.

Anggraini, D., Triharyati, E., & Novita, H. A. (2019). Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif dalam Pengungkapan Fraud. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 2(2), 372-380

Achyarsyah, P., & Rani, M. (2020). Pengaruh Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif Terhadap Pengungkapan Kecurangan Pelaporan Keuangan (Studi pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia).

Sulistiani, I., & Pramudyastuti, O. (2021). Peran Penting Akuntansi Forensik Dan Audit Investigatif Dalam Upaya Pencegahan Dan Pengungkapan Fraud. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(2), 112-126.

Fauzan, I. A. (2015). Pengaruh Akuntansi Forensik dan Audit Investigasi terhadap Pengungkapan Fraud (Studi Kasus pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Jawa Barat) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (UNISBA)).

Wuysang, R. V. O., Nangoi, G., & Pontoh, W. (2016). Analisis penerapan akuntansi forensik dan audit investigatif terhadap pencegahan dan pengungkapan fraud dalam pengelolaan keuangan daerah pada perwakilan BPKP provinsi Sulawesi Utara. JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING" GOODWILL", 7(2).

Sari, P. N., & Husadha, C. (2020). Pengungkapan Corporate Governance Terhadap Indikasi Fraud Dalam Pelaporan Keuangan. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen, 16(1).

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Pramesti S.W, D., & Kuntadi, C. (2022). LITERATUR REVIEW: PENGARUH AKUNTANSI FORENSIK, AUDIT INVESTIGATIF, DAN INDEPENDENSI TERHADAP PENGUNGKAPAN FRAUD. JURNAL ECONOMINA, 1(3), 670–678. https://doi.org/10.55681/economina.v1i3.158