PENGARUH POTONGAN HARGA (DISKON), GRATIS ONGKIR DAN SISTEM COD TERHADAP MINAT BERBELANJA ONLINE DI APLIKASI SHOPEE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Authors

  • KURNIASIH SETYAGUSTINA INSTITUT AGAMA ISLAM SYEKH MAULANA QORI BANGKO
  • RAHMANIA INSTITUT AGAMA ISLAM SYEKH MAULANA QORI BANGKO
  • M. JONI INSTITUT AGAMA ISLAM SYEKH MAULANA QORI BANGKO
  • ABDUL KHOLIK INSTITUT AGAMA ISLAM SYEKH MAULANA QORI BANGKO
  • WINAHYU DWI SUHITASARI INSTITUT AGAMA ISLAM SYEKH MAULANA QORI BANGKO

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i3.149

Keywords:

Potongan Harga (Diskon), Gratis Ongkir, Sistem COD, Minat Berbelanja

Abstract

Di Indonesia jual beli online atau e-commerce mengalami perkembangan yang sangat besar dan sangat cepat. Salah satu e-commerce penyedia toko online terbesar di Indonesia adalah Shopee. Fitur kemudahan yang disediakan Shopee berupa potongan Potongan Harga (Diskon) Gratis Ongkir dan Sistem COD menjadi salah satu paltfrom belanja online yang populer di Indonesia.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Potongan Harga atau Diskon, Gratis Ongkir dan Sistem COD Terhadap Minat Berbelanja Online di Aplikasi Shopee pada masyarakat TalangKawo Kelurahan Dusun Bangko secara parsial dan simultan.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan 97 responden sebagai sampel. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada masyarakat dan juga diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara sebagai data tambahan, sedangkan data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah IBM SPSS Statistics 26.

 Hasil penelitian yang dilakukan secara parsial dengan variabel potongan harga atau diskon (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap minat berbelanja online di aplikasi Shopee (Y). Variabel Gratis ongkir (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat berbelanja online di aplikasi Shopee (Y). Variabel Sistem COD (X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat berbelanja online di aplikasi Shopee (Y). Hasil penelitian yang dilakukan secara simultan dengan variabel potongan harga atau diskon (X1), gratis ongkir (X2) dan sitem COD (X3) berpengaruh secara simultan terhadap terhadap minat berbelanja online di aplikasi Shopee (Y). Dalam hal ini dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antar variabel independen (X) dan varibel  dependen (Y).

Dari hasil penelitian ini dapat diberikan rekomendasi kepada pihak Shopee agar memberikan perbedaan antara voucher gratis ongkir dan voucher potongan harga. Voucher gratis ongkir yang disediakan Shopee bukanlah voucher gratis ongkir yang sesungguhnya namun hanya berupa potongan harga, jika pun ada voucher gratis ongkir yang dimaksud tidak semua aplikasi Shopee konsumen dapat memperoleh voucher gratis ongkir ini dan masyarakat yang berbelanja online di Aplikasi Shopee hendaknya lebih memperhatikan dengan seksama produk sebelum melakukan pembelian. Hal ini diperlukan untuk menghindari penipuan, barang mubazir dan tidak terpakai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya, Kementerian Agama Republik Indonesia, 2019.

Abdullah, Al-Mushlih dan Shalah ash-Shawi. 2004. Fiqih Ekonomi Keuangan Islam. Jakarta: Darul Haq.

Abdullah, Boedi dan Beni Ahmad Saebani. Metode Penelitian Ekonomi Islam Muamalah. Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Ajuna, L. H. (2019). Maslahah Mursalah Implementasinya Pada Transaksi Ekonomi. Asy Syar'iyyah: Jurnal Ilmu Syari'ah Dan Perbankan Islam, 4(2), 170-192.

Ajuna, L. H. (2019). Penerapan Akad Pembiayaan Syariah Dan Regulasinya Di Indonesia. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, 7(1), 112-130.

Andi. 2010. Rahasia Sukses Menjual Produk Lewat WordPress e-Commerce. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Ardin, Wulan Nabila. 2020. Pengaruh Flash Sale Dan Tagline “Gratis Ongkir” Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online. Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Medan.

Arkani, A., & Muhibbuddin, M. (2021). The Effect of Service Quality and Results on Customer Satisfaction Mudharabah Savings in PT. Bank Syariah Mandiri Gorontalo Branch Office, Indonesia. Talaa: Journal of Islamic Finance, 1(1), 17-25.

Asqalani, Ibnu Hajar Al. 1995. Kumpulan hadist-hadist Hukum Islam Buluqhul Maram. Jakarta: Pustaka Amani.

Djuwaini, Dimyauddin. 2010. Pengantar Fiqh Muamalah, cet 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dropship, Reselleer. Pengertian Cash On Delivery/COD. www.resellerdropship.com, diakses 11 April 2021.

Dwiloka, Bambang dan Riana Rati. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Semarang: PT Asdi Mahasatya.

Fathoi, Abdurahmat. 2011. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitri, Devi. Pengertian Free Ongkir Lengkap. modalbisnis.id, diakses 10 April 2021.

Haroen, Nasrun. 2007. Fiqh Muamalah. Jakarta:Gaya Media Pratama, 2007.

Hasan dan M. Ali. 2003. Berbagai Macam Transaksi dalam Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Helpcenter, Shopee Id. Bagaimana Cara Mendapatkan Voucher Gratis Ongkir Shopee. help.shopee.co.id, diakses 10 April 2021.

Iskandar. 2008. Metodologi Pendidikan dan Sosial (kuantitaif dan kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Kharima, Miftakhul. 2020. “Transaksi Jual Beli Melalui Media Elektronik Dengan Fitur Serba 10 Ribu di Aplikasi Shopee Perspektif Hukum Positif dan Hukum Ekonomi Syariah”. IAIN Metro.

Khuzaimah, Nur. 2019. Jual Beli Online dengan Dropshoping perspektif fiqh muamalah. IAIN Metro.

Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah, Pasal 20 Ayat (34)

Maragi, Ahmad Mustafa Al. 1993. Terjemah Tafsir Al Maragi. Semarang: Cet. Kedua, CV. Toha Putra.

Margaretha, Fitrri. 2017. “Analisi Hubungan Antara Motif Dengan Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee SebagaiI Media Berbelanja Online Pada Shopeehilics Di Kota Samarinda. ” E-Journal Ilmu Komunikasi Volume 5, no. Nomer 4.

Mustafa, Imam. 2012. “Transaksi Elektronik (E-Commerce) dalam Perspektif “. Jurnal Hukum Islam, Pekalongan: STAIN Pekalongan, Vol 10, No.2.

Nazir, Mohammad.2017. Metode Penelitian. Cet 11. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pasaribu, Chairuman dan Suhrawadi K. Lubis. 2004. Hukum Perjanjian Dalam Islam, cet. 4. Jakarta: Sinar Grafika.

Permana, Hadi and Tjahjono Djatmiko. 2015. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopiee Di Bandung”. Artikel Jurnal Komunikasi dan Bisnis, Prodi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom.

Pradja, Juhaja. 2012. Ekonomi Syariah, cet. 2. Bandung : Pustaka Setia.

Putra, Endhar Wijaya, Srikandi Kumadji dan Edy Yulianto. 2016. “Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian,” Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.

Putra, Muhammad Deni. 2019. “Jual Beli Online Berbasis Media Sosial Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” IAIN Batu Sangkar.

Putri, Egha Eldya. 2020. “Pengaruh Perilaku Konsumen Muslim Dalam Belanja Fashion di Online Shop Stud Kasus Mahasiswa Prodi Ekonomi Syari’ah STAI SMQ Bangko Tahun 2016-2018,” STAI SMQ Bangko.

Rozalinda. 2016. Fiqih Ekonomi Syariah. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Santoso, Imam. Jenis Data, Sumber Data dan Metode Pengumpulan Data, Oldata.blogspot.com, diakses 05 April 2021.

Santoso, Singgih. SPSS. Mengolah Data Statistik Secara Propesional.

Saprida. 2016. “Akad Salam Dalam Transaksi Jual Beli.” Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah Indo Global Mandiri Palembang.

Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Maulana Qori Bangko. 2020. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi. Bangko. STAI SMQ Bangko.

Shobirin. 2015. “Jual Beli Dalam Pandangan Islam,” Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam.

Shopee, Seller. Diskon, https://seller.shopee.co.id/edu/article/109, diakses 10 April 2021.

Sobana, D. H., & Anjani, M. S. (2021). The Effect of Interest in becoming a Sharia Bank Customer to Students of FEBI Universitas Suryakancana, Indonesia. Talaa: Journal of Islamic Finance, 1(2), 104-120

Sofie, Yusuf. 2002. “ Pelaku Usaha Konsumen dan Tindak Pidana Korporasi.” Jakarta: Galia Ilmu.

Subagyo, Joko. 2011. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Subana, M. dan Sudrajat. 2005 Dasar-dasar penelitian ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto, Andi. 2009 “ Seluk Beluk E-Commerce”. Yogyakarta: Gaya Ilmu.

Surahmad, Winarno. 2014. Pengantar Penelitian Dasat Metode Teknik. Bandung: Tarsito.

Umar, Husein. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2008 Tentang Perlindungan Konsumen.

Utami, Fajria Anindya. Apa itu Diskon. https://www.wartaekonomi.co.id/read315291/apa-itu-diskon, diakses 11 April 2021.

Veronika. 2016.“ Pengaruh Iklan dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi.” Univerisitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Vitria, Tira Nur. 2017. “Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) Dalam Hukum Islam Dan Hukum Negara”. Dalam Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Surakarta: STIE-ASS, Vol.03 No.1.

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

SETYAGUSTINA, K., RAHMANIA, R., JONI, M., KHOLIK, A., & SUHITASARI, W. D. (2022). PENGARUH POTONGAN HARGA (DISKON), GRATIS ONGKIR DAN SISTEM COD TERHADAP MINAT BERBELANJA ONLINE DI APLIKASI SHOPEE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. JURNAL ECONOMINA, 1(3), 596–607. https://doi.org/10.55681/economina.v1i3.149