ANALISIS PENERAPAN FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL NO. 86/DSN-MUI/XII/2012 TERHADAP PRODUK ARISAN BERKAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) HARAPAN UMAT PATI

Authors

  • Ayu Fadia Universitas Ahmad Dahlan
  • Dwi Santosa Pambudi Universitas Ahmad Dahlan
  • Andy Putra Wijaya Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i12.1057

Keywords:

Arisan, Fatwa DSN, Hadiah

Abstract

KSPPS Harapan Umat Pati adalah lembaga keuangan mikro syariah yang berada di Kabupaten Pati. Produk yang mereka miliki bervariatif, salah satu produknya adalah Arisan Berkah. Arisan Berkah ini merupakan produk gabungan dari konsep arisan dan simpanan. Akad yang digunakan dalam produk ini adalah Wadi’ah Yad Dhamanah. Penelitian ini erupakan penelitian kualitatif deskriptif, termasuk penelitian lapangan (Field Research). Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dari general manager dan staff KSPPS Harapan Umat Pati serta lima anggota arisan berkah. adapun data sekunder yang diperoleh yaitu melalui studi pustaka Fatwa DSN MUI. Pelaksanaan arisan berkah dan menganalisa penerapan Fatwa DSN No. 86/DSN-MUI/XII/2012 pada produk arisan berkah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai kesesuaian pemberian hadiah pada anggota arisan berkah yang dilakukan oleh Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah. Hasil dari penelitian menunjukkan mekanisme pelaksanaan arisan berkah telah dilakukan dengan terstruktur, dilihat dari adanya tahapan untuk menjadi anggota arisan berkah di KSPPS Harapan Umat Pati, diantaranya calon anggota harus mengisi formulir pendaftaran anggota arisan berkah, menyerahkan fotocopy KTP, dan melakukan setoran awal sebesar Rp. 100.000,-. Dalam produk Arisan Berkah di KSPPS Harapan Umat Pati, hadiah yang diberikan ada yang berupa uang dan barang. Hadiah yang berupa barang dalam Fatwa DSN No. 86/DSN-MUI/XII/2012 sudah sesuai. Yang tidak diperbolehkan dalam produk Arisan Berkah adalah pemberian bonus uang sebesar Rp.50.000,- kepada anggota yang nomer undiannya tidak memenangkan hadiah dan pemberian hadiah dilakukan setelah terjadinya akad wadi’ah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek. Jakarta: Gema Insani.

Astuti, N. (2019). Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Sistem Arisan Petani Sawit (Studi Di Desa Sukasari Kabupaten Seluma). Skripsi S1 IAIN Bengkulu.

Desminar. (2019). Akad Wadiah Dalam Perspektif Fiqih Muamalah. Menara Ilmu, XIII (3).

Dr. Hidayatullah, S.HI., M.H, M. P. (2019). Fiqih. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin.

Hasan, A. F. (2018). Fiqh Muammalah dari Klasik hingga Kontemporer (Teori dan Praktek). Malang: UIN-MALIKI Malang Press.

Indonesia, K. B. B. (2005). Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Jannah, K. N. R. (2020). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Arisan Mapan (Studi Kasus Di PT. Ruma Kota Yogyakarta). Skripsi S1 Universitas Islam Indonesia.

KBBI. (2021a). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Kibyi, S. M. al. (2002). al Muamalah al Maliyah al Mu’ashirah fi Dhaui al Islam. Beirut.

Maharani, D. A. (2019). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Hadiah Dalam Produk Tarbiah Pada KSPPS BINAMA. Skripsi S1 UIN Walisongo Semarang.

Mardani. (2013). Fiqh Ekonomi Syariah. Jakarta: Kencana.

Mukhsinun, S.H.I., M. E. I. (2020). Undian Dan Lotere Dalam Perspektif Masail Al-Fiqhiyyah. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 3(2).

Nasional, D. syariah. (2012). Fatwa Dewan Syariah Nasional No: 86/DSN-MUI/XII/2012 Tentang Hadiah Dalam Penghimpunan Dana Lembaga Keuangan Syariah. Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia, (86), 1–10.

Qurtubi, A. (1933). al Jami’ li Ahkam al Qur’an. Beirut: Dar al Kutub Al Ilmiyah.

Rasyid, A. (2017). Sekilas Tentang Lembaga Keuangan Mikro Syariah Di Indonesia.

Rozikin, M. R. (2018). Hukum Arisan Dalam Islam. Nizham, 06(02).

Sahabuddin, S. M. Q. (2007). Ensiklopedia Al-Qur’an: Kajian Kosa Kata. Jakarta: Lentera Hati.

Shidik, S. (2004). Hukum Islam Tentang Berbagai Persoalan Kontemporer. Jakarta: PT Intimedia Cipta Nusantara.

Sudiarti, S. (2018). Fiqh Muamalah Kontemporer. Medan: FEBI UIN-SU PRESS.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif: dilengkapi dengan Contoh Proposal dan Laporan Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syarqawie, F. (2014). Fikih Muamalah. Banjarmasin: IAIN ANTASARI PRESS.

Winiarti, S. O. (2017). Analisis Praktik Produk TARBIAH “Tabungan Arisan Berhadiah” Di KSPPS BINAMA UIN Walisongo Semarang.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Fadia, A., Pambudi, D. S., & Wijaya, A. P. (2023). ANALISIS PENERAPAN FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL NO. 86/DSN-MUI/XII/2012 TERHADAP PRODUK ARISAN BERKAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) HARAPAN UMAT PATI. JURNAL ECONOMINA, 2(12), 3674–3687. https://doi.org/10.55681/economina.v2i12.1057