PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KLINIK KECANTIKAN DRIA BEAUTY SKIN PADANG

Authors

  • Refita Yati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP” Padang
  • Aminar Sutra Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "KBP" Padang

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i12.1050

Keywords:

Brand Image, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan kepuasan pelanggan di klinik kecantikan Dria Beauty Skin Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel terdiri dari 95 pelanggan klinik kecantikan Dria Beauty Skin Padang dengan menggunakan accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasikal, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Brand Image berpengaruh positif dan signifikan positif serta signifikan terhadap Customer Loyalty pada Dria Beauty Skin Padang Beauty Clinic. Sementara itu, kepuasan pelanggan sebagian tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Dria Beauty Skin Padang Beauty Clinic.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armayanti, A. S. (2019). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Pada Kepuasan Pelanggan di Klinik Kecantikan dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Proceeding of Management, 6(1), 131–138.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2020). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan OVO pada Masa Physical Distancing. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.24269/asset.v3i1.2652

Dewi, Aminar Sutra & Juli Zarman. (2016). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Lamun Ombak Di Kota Padang.

Ghozali, H. I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (P. P. Harto (ed.); Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gultom, Dedek Kurniawan; Arif, M. F. M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO

Kusumaningtyas, A. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sim Card Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UMS). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, July, 1–23.

Maulfi, R. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Logistik Pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Di Kota Gresik Retno. 41–48.

Nalendra, A. R. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 487. https://doi.org/10.32832/manager.v2i4.3795

Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis (T. A. Prabawati (ed.); I). Andi Offset.

Purwantini, & Nurseto, S. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan Mustika Ratu Di Fisip Undip). Ilmu Administrasi Bisnis, 7(5), 1–7.

Rosihan, S. M. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pengunjung Ubud Hotel & Cottages Malang) The Effect of Brand Image and Customer Satisfaction to Customer Loyalty (Study on Visitors of Ubud Hotels & Cottages Malang).

Setyawan, R. A. (2020). Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Iphone di Solo Raya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/83950

Sinurat, E. S. M., Lumanauw, B., & Roring, F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2230–2239. https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16522

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Suparmi, & Handhoko, K. (2018). Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Yodya Karya (Persero) Cabang Utama Semarang. Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 7(1), 102–112. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/sa/article/view/703/6

Tamon, G. J., Mandey, S. L., Wenas, R. S., & Ratulangi, U. S. (2019). Strategi Promosi, Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Toyota (Studi Pada Konsumen Mobil Toyota Di Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 701–710. https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22482

Wardhani, C. A., Sugianto, A., & Hermana, B. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Logistik, Kepuasan Pelanggan, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Logistik Menggunakan Structural Equation Model. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 8(1), 56–68. https://doi.org/10.24912/jitiuntar.v8i1.5761

Widiaswara, T. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan Club di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6, 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Yati, R., & Dewi, A. S. (2023). PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KLINIK KECANTIKAN DRIA BEAUTY SKIN PADANG. JURNAL ECONOMINA, 2(12), 3622–3633. https://doi.org/10.55681/economina.v2i12.1050